22.10.07

Apel Kurma Crisp

Bener-bener lagi banjir kurma minggu ini. Orang di rumah juga cinta skali dengan kurma dan makanan-makanan manis. Padahal banyak resep dessert yang musti panggang oven, untung yang satu ini gampang banget dan bisa dimasak dengan microwave. Jadilah dessert pertama tanpa oven dan sukses. Kurma itu memang dahsyat harumnya kalau dipanggang ya?

Bahan Dasar:
* 2 butir Granny Smith apel, kupas kulitnya, iris tipis
* 2 cangkir kurma kering, rendam sebentar supaya lembut, buang bijinya
* 1 sdm jahe segar, parut kasar
* 1 sdm gula pasir *resep asli pake brown sugar*
* 2 cangkir oatmeal biasa
* 1 cangkir cornflakes yang dihancurkan - aku pakai raisin brans yg fiberous & agak manis
* boleh ditambah biskuit yang dihancurkan
* 1 cangkir kacang mede - cincang kasar

bisa diganti walnut, pecans atau terserahlah
* 1 sdt bubuk kayu manis (ground cinnamon)
* mentega

Cara Memasak:
1.) Cairkan mentega, campurkan dengan irisan apel, potongan kurma tanpa biji, jahe parut dan bubuk kayu manis. Nggak perlu pake gula ya, kurmanya udah manis banget. Susun dalam wadah tahan panas. Jangan lupa oleskan mentega dulu di dasarnya.
2.) Dalam mangkuk terpisah, campurkan oatmeal, cornflakes yang dihancurkan, biskuit dan kacang mede, tambahkan gula, bubuhkan kayu manis. Mentega dalam keadaan dingin, potong kasar atau bentuk kubus, campurkan ke dalam mangkuk sampai merata. Lalu susun di atas potongan buah di wadah tahan panas.
3.) Di resep asli dipanggang dalam oven selama 40 menit. Aku pakai microwave. Tutup dengan aluminium foil, panggang selama 10 menit sampai apel lembut. Buka foil, panggang lagi dengan setup heating dari atas & bawah (combination mode) selama 10 menit…. atau sampai bikin seruangan harum kayu manis.

** Resep dimodifikasi dari Martha Stewart

No comments: